Beranda Politik Swing Voters Masih Menunggu Sampai Debat Selesai di 4 Februari 2024

Swing Voters Masih Menunggu Sampai Debat Selesai di 4 Februari 2024

13
0

JAKARTA – Aditya Perdana selaku Pengamat politik dari Universitas Indonesia mengatakan, empat debat calon presiden dan calon wakil presiden yang sudah berjalan masih belum berhasil mempengaruhi pilihan pemilih mengambang, undecided voters dan swing voters.

Aditya menyebut pemilih yang belum menentukan pilihannya masih menunggu sampai saat-saat terakhir bahkan sampai seluruh rangkaian debat resmi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) selesai.

“Debat memberi pengaruh iya, tapi beberapa data yang saya lihat undecided voters itu masih tinggi. Artinya banyak yang menanti sampai dua minggu terakhir,” ujar Aditya, Senin (22/1/2024).

Menurut Aditya, ketiga pasangan calon masih harus bekerja keras untuk mendapatkan hati undecided voters. Selain maksimal dalam penampilan debat, para kandidat lanjut Aditya juga harus memaksimalkan masa kampanye. Baik itu langsung maupun secara virtual.

Aditya memprediksi bila pergeseran pemilih tidak signifikan dalam beberapa hari kedepan, Pilpres akan berlangsung dua putaran. Dari beberapa survei terbaru dari berbagai lembaga kredibel, belum ada paslon yang elektabilitasnya menembus angka 50 persen.

“Saya yakin Pilpres dua putaran. Sulit untuk satu putaran. Kuncinya menurut saya di Jawa Tengah,” ujar Aditya.

Sebagaimana diketahui, empat debat pertama adalah masing-masing dua debat capres dan dua debat cawapres. Debat pertama berlangsung di halaman Kantor KPU pada 12 Desember 2023 lalu antara Anies, Prabowo dan Ganjar membahas tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat kedua adalah antara Muhaimin, Gibran dan Mahfud di Jakarta Convention Center (JCC) pada 22 Desember 2023 lalu membahas tentang ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat ketiga diadakan pada 7 Januari 2024 antara Anies, Prabowo dan Ganjar membahas tentang pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.

Terbaru debat cawapres, Minggu (21/1/2024) malam di JCC membahas tentang pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Terakhir nanti 4 Februari 2024 adalah debat antara Anies, Prabowo dan Ganjar membahas tentang kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

The post Swing Voters Masih Menunggu Sampai Debat Selesai di 4 Februari 2024 first appeared on Majalah Hukum.

Tinggalkan Balasan