Tanggapi Pertemuan Jokowi dan Paloh, Hasto Kristiyanto : Demokrasi dalam Masalah Besar

    23
    0

    JAKARTA – Hasto Kristiyanto selaku Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), menanggapi pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh pada Minggu (18/2/2024).

    Hasto menyinggung ihwal kualitas demokrasi dalam beberapa waktu terakhir.

    “Kalau kita lihat berdasarkan catatan kritik yang diberikan oleh para pengamat, para tokoh-tokoh pro demokrasi, maka Pak Jokowi sebagai sosok yang seharusnya bertanggung jawab terhadap kualitas demokrasi itu sendiri,” ujar Hasto di Gedung High End, Jakarta, Senin (19/2/2024).

    Tegasnya, proses rekapitulasi pemilihan umum (Pemilu) 2024 masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Persepsi penggalangan dukungan pada tahap ini dipandangnya sebagai hal yang tidak benar.

    “Kalau semua proses itu berjalan baik, y]a tidak perlu dilakukan suatu proses konsolidasi pascapemilu. Karena semuanya berjalan natural sesuai dengan kehendak rakyat,” ujar Hasto.

    “Tetapi ketika proses konsolidasi justru tetap dilakukan, itu menunjukkan ada question mark yang kemudian harus dijawab bersama-sama bahwa demokrasi kita sedang berada dalam masalah besar,” sambungnya.

    Diketahui, Jokowi menyebut, dirinya hanya berperan sebagai jembatan bagi semua pihak dalam pertemuannya dengan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh di Istana pada Minggu (18/2/2024) malam. Kendati demikian, ia tak menjelaskan lebih rinci maksudnya tersebut.

    Jokowi juga mengaku akan menyerahkan masalah politik kepada partai politik. “Itu sebetulnya saya itu sebetulnya hanya jadi jembatan. Yang penting nanti partai-partai. Partai-partai. (Jembatan) Ya semuanya. Saya ingin menjadi jembatan untuk semuanya. Urusan politik itu urusan partai,” ujar Jokowi usai meresmikan Rumah Sakit Pertahanan Negara Panglima Besar Jenderal Sudirman dan Rumah Sakit TNI di Bintaro, Senin (19/2/2024).

    Ia mengatakan, pertemuannya dengan Surya Paloh itu merupakan pertemuan tahap awal. Ia menilai, pertemuan itu akan sangat bermanfaat bagi perpolitikan di Indonesia serta bagi negara.

    “Yang paling penting memang ada pertemuan dan itu akan sangat bermanfaat bagi perpolitikan kita, bagi negara kita. yang paling penting itu,” ujar Jokowi.

    The post Tanggapi Pertemuan Jokowi dan Paloh, Hasto Kristiyanto : Demokrasi dalam Masalah Besar first appeared on Majalah Hukum.

    Tinggalkan Balasan