Bawaslu Sebut 2.413 TPS Berpeluang Gelar Pemungutan Suara Ulang Pemilu 2024

    21
    0

    JAKARTA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengatakan sebanyak 2.413 Tempat Pemungutan Suara (TPS) berpeluang akan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu 2024.

    Rahmat Bagja selaku Ketua Bawaslu mengungkapkan bahwa ribuan TPS itu ditemukan pemilih yang menggunakan hak pilihnya lebih dari satu kali.

    “Yang paling kemungkinan akan terjadi PSU adalah kejadian 2.413 TPS yang didapati adanya pemilih mendapatkan hak pilihnya lebih dari satu kali,” ujar Bagja dalam jumpa pers bersama di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (15/2/2024).

    “Ini kemungkinan PSU (pemungutan suara ulang) nya besar,” imbuhnya.

    Kendati demikian, Bawaslu sampai saat ini masih terus mendalami kebenaran rekomendasi dari Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Bawaslu Kabupaten/Kota.

    Sebagaimana diketahui sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tengah menghimpun data dan informasi terkait adanya Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berpeluang dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di sejumlah daerah.

    “Soal pemungutan suara ulang, kami masih menghimpun informasi dari KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota sehubungan dilakukannya PSU sehingga bersama Bawaslu kita kroscek datanya,” ujar Ketua KPU RI Hasyim Asya’ri dalam kesempatan yang sama.

    The post Bawaslu Sebut 2.413 TPS Berpeluang Gelar Pemungutan Suara Ulang Pemilu 2024 first appeared on Majalah Hukum.

    Tinggalkan Balasan