Beranda Pidana Khusus Dewas KPK Usut Pelanggaran Etik Terkait Pertemuan Firli dengan SYL

Dewas KPK Usut Pelanggaran Etik Terkait Pertemuan Firli dengan SYL

105
0

JAKARTA – Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memeriksa mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Hal tersebut terkait kasus dugaan pelanggaran etik pimpinan KPK.

Syamsuddin Haris selaku anggota Dewas KPK menyatakan, tidak bisa membeberkan secara rinci ihwal apa saja yang diklarifikasi kepada politikus Partai Nasdem itu.

“Intinya, Dewas itu menggali dugaan pertemuan antara Pak SYL dengan Pak FB, di mana saja, kapan saja, berapa kali, dan seterusnya,” ujar Haris di Kantor Dewas KPK, Jalan HR Rasuna Said Kav C1, Karet, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (27/10/2023).

Haris menjelaskan, pihaknya saat ini mendalami dua pelanggaran etik, yakni dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK dan dugaan pertemuan Pak FB dengan Pak SYL di suatu lapangan bulutangkis.

Untuk itu, pihaknya akan memanggil beberapa saksi termasuk ajudan yang bersangkutan dan dua tersangka lain dalam perkara dugaan korupsi di lingkungan Kementan.

“Kemungkinan kita bukan hanya memanggil mantan ajudan Pak FB, tapi juga ajudan Pak SYL. Mungkin juga kita akan memanggil dua tersangka kasus Kementan yang sudah ditahan KPK, Pak Sekjen (Kasdi Subagyono) dan salah satu direktur di Kementan (Direktur Alat dan Mesin Kementan Muhammad Hatta),” ujarnya.

Untuk informasi, beredar foto Ketua KPK, Firli Bahuri dengan mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) di lapangan bulutangkis. Dari foto yang beredar tersebut, tampak pucuk pimpinan KPK sedang asyik ngobrol dengan politikus Nasdem tersebut. Firli tampak mengenakan pakaian olahraga baju berwarna biru gradasi dan setelan celana pendek sedang duduk santai sambil menatap ke arah SYL.

Sementara SYL, tampak mengenakan kemeja lengan pendek bercorak warna hitam dengan setelan celana jeans. SYL juga tampak sedang ngobrol dengan Firli. Keduanya terlihat berdiskusi di kursi panjang yang terbuat dari semen di pinggir lapangan bulutangkis atau badminton.

Kendati demikian, belum diketahui dengan pasti lapangan badminton mana yang menjadi pertemuan keduanya. Dikabarkan, lokasi GOR badminton tempat pertemuan SYL dan Firli berada di kawasan Mangga Besar, Jakarta.

The post Dewas KPK Usut Pelanggaran Etik Terkait Pertemuan Firli dengan SYL first appeared on Majalah Hukum.

Tinggalkan Balasan