Beranda Politik Hasil Survei LSI, Elektabilitas Ganjar-Mahfud Melonjak Usai Debat Ketiga Pilpres 2024

Hasil Survei LSI, Elektabilitas Ganjar-Mahfud Melonjak Usai Debat Ketiga Pilpres 2024

18
0

JAKARTA – Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan elektabilitas pasangan calon (paslon) nomor urut 3 yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam tren positif.

Pasalnya, sebulan sebelum hari pemilihan elektabilitas paslon yang didukung Partai Perindo itu mengalami peningkatan.

“Posisi kedua Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas sebesar 24.8 persen,” tulis hasil survei LSI Denny JA yang dikutip Sabtu (20/1/2024).

Sementara itu, paslon nomor urut 2 berada di urutan teratas 46.6 persen posisi paling akhir Anies-Muhaimin dengan elektabilitas 22.8 persen. Sebanyak 5.3 persen menyatakan belum memutuskan/rahasia/tidak tahu/tidak jawab. Adapun suara tidak sah sebesar 0.5 persen. Hasil survei yang dilakukan pada 3-11 Januari 2024 itu, menunjukkan elektabilitas capres-cawapres yang memiliki jargon sat-set tas-tes itu meningkat dibandingkan survei pada akhir 2023.

Peningkatan elektabilitas itu setelah digelarnya debat pilpres 2024 yang ketiga pada 7 Januari lalu dengan tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Geopolitik, Globalisasi, dan Politik Luar Negeri.

“Ganjar-Mahfud di Akhir Desember 2023 elektabilitasnya sebesar 22.9 persen kini di Awal Januari 2024 menjadi 24.8 persen,” tulisnya.

LSI Denny JA melakukan survei tatap muka (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia. Dengan 1.200 responden, margin of error survei ini sebesar 2.9 persen.

Sementara itu, Ketua Bidang Politik DPP Partai Perindo, Yusuf Lakaseng menyatakan, berdasarkan hasil survei LSI tersebut kontestasi Pilpres 2024 akan berjalan dua putaran dengan diisi paslon nomor urut 3 dan 2. Menurut Caleg DPR RI Dapil Sulawesi Tengah dari Partai Perindo ini, di putaran kedualah kubu Ganjar-Mahfud akan all out.

“Ganjar-Mahfud menguat untuk lolos putaran kedua dan menurut saya saat putaran kedua itulah pertarungan sesungguhnya,” ujar Lakaseng kepada wartawan, Jumat (19/1/2024).

“Saat putaran kedua, saya yakin Ganjar-Mahfud akan memenangkan kontestasi karena mereka unggul segalanya dari pasangan Prabowo-Gibran. Ganjar-Mahfud role model ideal sebagai pemimpin bangsa, integritasnya sangat baik, kaya pengalaman dan prestasi,” sambungnya.

Ganjar yang sudah berpengalaman di badan eksekutif dan legislatif serta Mahfud yang memiliki banyak track record yang positif di beberapa jabatan penting, diyakini mampu memimpin Indonesia ke arah yang lebih baik lagi. Terutama kata Lakaseng, di sektor pemberantasan korupsi yang menjadi hambatan dalam kemajuan bangsa ini.

“Sangat bisa kita harapkan membangun pemerintahan bersih dari korupsi yang selama ini jadi hambatan utama kemajuan bangsa,” ujarnya.

The post Hasil Survei LSI, Elektabilitas Ganjar-Mahfud Melonjak Usai Debat Ketiga Pilpres 2024 first appeared on Majalah Hukum.

Tinggalkan Balasan