Beranda Sindikasi Kejagung Tangkap Dirut PT Lawu Agung Mining di Jakbar Terkait Korupsi Rp5,7...

Kejagung Tangkap Dirut PT Lawu Agung Mining di Jakbar Terkait Korupsi Rp5,7 Triliun

229
0

JAKARTA – Kejaksaan menangkap Direktur Utama (Dirut) PT Lawu Agung Mining berinisial OS di kawasan Jakarta Barat (Jakbar) pada Rabu (12/7/2023).

Penangkapan tersebut terkait dengan penyidikan korupsi Rp 5,7 triliun terkait dengan kegiatan pertambangan di Blok Mandiodo Konawe Utara, di Sulawesi Tenggara (Sultra).

OS diduga merujuk nama Ofan Sofwan yang saat ini berstatus tersangka.

OS akan ditahan oleh tim penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus), Kejaksaan Agung (Kejagung).

“OS merupakan tersangka dalam kasus tindak pidana korupsi pertambangan yang mengakibatkan kerugian negara Rp 5,7 triliun,” ujar Ketut Sumedana selaku Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Rabu (12/7/2023).

Ketut megatakan, OS ditangkap di Gedung Lawu Tamansari, di Jakbar oleh tim kejaksaan gabungan. Ketut belum dapat menjelaskan detail kasus terkait pertambangan ini.

Ketut juga menjelaskan perkara yang menjerat Ofwan Sofwan sebagai tersangka semula dalam penyidikan oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra). Disebutkan proses penyidikan, sudah dua kali meminta Ofan Sofwan datang ke ruang pemeriksaan di Kejati Sultra terkait kasusnya.

Akan tetapi, dari dua kali pemanggilan untuk diperiksa mendapatkan respons negatif dari Ofan Sofwan. Alih-alih datang ke kejaksaan untuk diperiksa, kata Ketut Ofan Sofwan malah diketahui berupaya kabur.

Sebab itu, kata Ketut, Kejati Sultra sempat mengirimkan status cegah atas nama Ofan Sofwan. Namun dari pencarian, diketahui, Ofan Sofwan berada di Jakarta. Kata Ketut, tim intelijen Kejati Sultra, pun meminta bantuan tim dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta, dan Jampidsus untuk melakukan penangkapan. Dan Ofan Sofwan, berhasil ditangkap pada Rabu (12/7/2023).

“Saat ini tersangka OS dalam pengamanan maksimal untuk diperiksa di Jampidsus. Dan selanjutnya akan dilakukan penahanan di Rutan Salemba, cabang Kejaksaan Agug,” ujar Ketut.

The post Kejagung Tangkap Dirut PT Lawu Agung Mining di Jakbar Terkait Korupsi Rp5,7 Triliun first appeared on Majalah Hukum.

Tinggalkan Balasan