Beranda Pidana Khusus KPK Panggil Febri Diansyah & Rasamala Terkait Kasus Korupsi di Kementan

KPK Panggil Febri Diansyah & Rasamala Terkait Kasus Korupsi di Kementan

138
0

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil sejumlah saksi terkait penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) pada hari ini, Senin (2/10/2023).

Ali Fikri selaku Kabag Pemberitaan KPK menyebut saksi yang dipanggil di antaranya yaitu pengacara sekaligus mantan pegawai KPK Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang. Lalu ada juga pengacara Donal Fariz.

“Hari ini bertempat di gedung Merah Putih KPK, tim penyidik menjadwalkan pemanggilan saksi-saksi. Di antaranya, Febri Diansyah, Rasamala Aritonang, dan Donal Fariz,” ujar Ali dalam keterangannya.

Ali menjelaskan pemanggilan para saksi tersebut merupakan bagian dari proses penyidikan.

Febri mengaku belum menerima surat panggilan dari KPK. Namun, ia mengatakan mendapatkan pesan WhatsApp dari KPK pada pagi ini.

“Setelah lama tidak berkunjung ke KPK, hari ini saya dan Rasamala tiba-tiba menerima WhatsApp dari teman-teman wartawan terkait informasi pemanggilan KPK dalam penyidikan Kementan RI,” ujar Febri dalam keterangannya.

Ia pun mengatakan akan datang ke KPK meskipun tak ada surat panggilan resmi dari KPK.

“Meskipun sampai hari ini belum ada surat panggilan yang kami terima, tapi kami akan mendatangi KPK sekaligus untuk klarifikasi terkait pemanggilan tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya, KPK menggeledah gedung Kementan, Jumat (29/9) siang. Tim KPK menggeledah ruang kerja Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono.

Kegiatan itu rupanya sempat diwarnai upaya perlawanan. Ali sempat menyebut ada pihak yang mencoba memusnahkan bukti dokumen.

“Dari informasi yang kami terima saat tim penyidik KPK melakukan penggeledahan di gedung Kementan RI di Jakarta Selatan, tim penyidik mendapati adanya dokumen tertentu yang dikondisikan dan diduga akan dimusnahkan,” ujar Ali, Sabtu (30/9/2023).

Ali mengatakan dokumen yang coba dihilangkan tersebut berupa bukti aliran uang korupsi yang diterima para tersangka di kasus tersebut.

The post KPK Panggil Febri Diansyah & Rasamala Terkait Kasus Korupsi di Kementan first appeared on Majalah Hukum.

Tinggalkan Balasan