Beranda Politik Penjelasan KPU Tempatkan Ganjar di Podium Tengah

Penjelasan KPU Tempatkan Ganjar di Podium Tengah

28
0

JAKARTA – Ganjar Pranowo berdiri di podium bagian tengah pada Debat Ketiga Pilpres 2024 , Minggu (7/1/2024) malam. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyampaikan alasan menempatkan Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo di podium bagian tengah.

Ketua KPU RI Hasyim Asya’ri menjelaskan bahwa tata letak podium tersebut disesuaikan dengan giliran kesempatan capres untuk menyampaikan visi misi serta program kerjanya.

“Jadi menatanya posisi karena sesuai dengan giliran atau urutan bicara (segmen) pertama,” ujar Hasyim di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam.

Hasyim menjelaskan, tata letak ini juga sudah diterapkan pada debat-debat sebelumnya. Calon yang mendapat giliran pertama pada saat pemaparan visi misi serta program kerjanya menempati podium tengah.

Hasyim memastikan, penempatan atau tata letak podium ini sudah dibahas oleh KPU bersama tim pasangan calon serta televisi penyelenggara pada saat persiapan debat.

“Dalam pembicaraan dalam tim paslon disepakati begitu,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, dalam debat capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam, Ganjar berdiri di tengah. Sementara, Prabowo Subianto di sebelah kiri dan Anies Baswedan di sebelah kanan.

Menanggapi hal ini, Ganjar pun berkelakar posisinya untuk mendinginkan kedua calon presiden lainnya, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Dalam perjalanan debat kedua ini, Anies dan Prabowo memang terlihat saling sindir. Anies kerap menyinggung soal alutsista bekas dalam pengadaan Kementerian Pertahanan (Kemhan), sementara Prabowo kerap menyinggung Anies tidak memiliki data yang benar.

“Terima kasih, mudah-mudahan saya didudukkan di tengah memang agak mendinginkan dua kawan saya kiri dan kanan,” ujar Ganjar Pranowo membuka pernyataan sebelum menjawab pertanyaan dari Prabowo.

The post Penjelasan KPU Tempatkan Ganjar di Podium Tengah first appeared on Majalah Hukum.

Tinggalkan Balasan