Beranda Politik Tanggapan Jokowi Terkait Mencuatnya Isu Reshuffle Kabinet

Tanggapan Jokowi Terkait Mencuatnya Isu Reshuffle Kabinet

139
0

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi perihal adanya isu perombakan kabinet atau reshuffle kabinet yang belakang ini muncul. Terlebih, salah satu kabar Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menjadi tersangka.

“Denger dari mana?” ujar Jokowi di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (1/10/2023) malam.

Kendati demikian, Jokowi tidak menjelaskan secara detail kapan dan siapa sosok yang bakal direshuffle.

Sebagaiana diketahui sebelumnya, Mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jumat (15/9/2023) sore.

Pemanggilan ini lantas dikaitkan dengan reshuffle kabinet.

“Iya baru ketemu dengan beliau (Presiden Jokowi),” ujar Amran di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 15 September 2023.

Amran mengaku tidak membicarakan posisi menteri apalagi membahas mengenai reshuffle. Ia hanya mengakui telah bertemu dengan Presiden Jokowi lebih dari satu kali usai dirinya tidak menjabat sebagai Mentan.

“Tidak, tidak (ada tawaran menteri). Jadi memang bukan satu kali saja, kalau tidak salah selama saya tidak menjabat sudah lima kali. Dulu diskusi masalah tebu pabrik gula yang sudah operasi di Bombana dan itu pabrik gula modern. Nah itu dulu dibahas, kemudian biofuel, kemudian dulu pernah masalah nikel. Dan diskusi tentang ekonomi bagaimana kondisi riil di bawah. Jadi kalau tidak salah sudah lima kali diskusi tentang usaha,” jelasnya.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi terakhir kali melakukan reshuffle pada Senin 17 Juli 2023 di Istana Negara. Saat itu Jokowi melantik Ketua Umum relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menggantikan Johnny G Plate yang ditetapkan sebagai tersangka kasus proyek BTS 4G.

Selain melantik Budi Arie, Jokowi juga melantik lima wakil menteri. Mereka yaitu sebagai berikut:

  1. Pahala Nugraha Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri;
  2. Nezar Patria sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika;
  3. Paiman Rahardjo sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi;
  4. Rosan Perkasa Roeslani sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara;
  5. Syaiful Rahmat sebagai Wakil Menteri Agama.

The post Tanggapan Jokowi Terkait Mencuatnya Isu Reshuffle Kabinet first appeared on Majalah Hukum.

Tinggalkan Balasan